Unggulan

Kebiasaan Sehari-hari dalam Meningkatkan Kesehatan

 

1.      Makan – makanan yang Sehat

Makan-makanan sehat itu penting banget! Bukan cuma bagus untuk menurunkan BB kita, tetapi bagus juga buat kulit terutama yang berjerawatan. Biasakan untuk bisa makan- makanan bergizi yang berpedoman gizi seimbang bukan lagi 4 sehat 5 sempurna. Pedoman gizi seimbang yang meliputi 4 pilar, yaitu pilar 1 merupakan makan-makanan yang beragam baik itu protein , vitamin,   kalsium, karbohidrat, mineral, dan zat-zat lainnya yang berperan penting dalam memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh  dan juga batasi mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi gula, garam dan minyak serta jangan lupa minum air putih minimal 8 gelas atau 2 liter, pilar 2 merupakan membiasakan perilaku hidup bersih, contohnya mencuci tangan dengan bersih sebelum makan dan perilaku lainnya yang bisa menjaga kebersihan tubuh, pilar 3 merupakan melakukan aktifitas fisik secara teratur, contohnya bersepeda, berolahraga, berjalan, bermain sepak bola, senam dan aktivitas lainnya, dan untuk yang terakhir pilar 4, yaitu memantau berat badan yang ideal.

2.      Tidur Yang Cukup

Tidur merupakan kebutuhan dasar manusia yang mutlak harus dipenuhi oleh semua orang. Setiap orang memerlukan tidur yang cukup untuk dapat melakukan kegiatan secara optimal dikemudian hari. Tetapi banyak orang yang menyepelekan dan menjadi kurang tidur walaupun akibat dari hal itu sangat fatal terhadap kondisi tubuh atau psikis. Tidur dan istirahat yang kurang akan berdampak negatif, yaitu tidur kurang dari lima jam dalam satu malam dapat beresiko mengalami depresi, stress, penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Manfaat dari tidur itu sendiri adalah untuk mengistirahatkan tubuh, sehingga setiap orang pasti membutuhkannya. Oleh karena itu, setiap manusia harus mendapatkan hasil tidur yang maksimal agar mendapatkan kualitas tidur yang baik. Kebutuhan tidur setiap perkembangan manusia pun berbeda-beda. Pada umumnya untuk masa bayi (1 bulan -18 bulan) membutuhkan kebutuhan tidur selama 14-18 jam/hari, masa anak-anak (18 bulan-3 tahun) membutuhkan tidur selama 12-14 jam/hari, masa prasekolah (3 tahun-6 tahun) membutuhkan kebutuhan tidur selama 11 jam/hari, masa sekolah (6 tahun-12 tahun) membutuhkan kebutuhan tidur selama 10 jam/hari,  masa remaja (12-18 tahun) membutuhkan kebutuhan tidur selama 8,5 jam/hari, masa dewasa muda (18-40 tahun) membutuhkan kebutuhan tidur 7- 8jam/hari, masa dewasa tengah (40-60 tahun) membutuhkan kebutuhan tidur 7 jam/hari, dan untuk 60 tahun ke atas membutuhkan kebutuhan tidur 6 jam/hari. Maka dari data tersebut dianjurkan setiap perkembangan sesuai dengan usia kita untuk bisa istirahat atau tidur sesuai dengan kebutuhannya

3.       Mengurangi bermain sosial media

             Bermain media sosial bukan hanya berdampak pada fisik lebih tepatnya ke psikologis manusia. Setiap orang dapat menggunakan ponsel mereka untuk mencari informasi sekaligus tetap terhubung dengan orang lain secara mudah. Namun dibalik itu semua, sosial media jika tidak digunakan dengan bijak dapat memberikan efek negatif bagi kesehatan termasuk kesehatan mental mulai dari rasa cemas, kurang percaya diri ataukah membanding-bandingkan diri dengan pencapaian orang lain yang ujung-ujungnya bisa menimbulkan depresi. Apalagi saat bermain media sosial tidak sedikit orang akan terlena dengan konten-konten sehingga tidak sadar sudah menghabiskan banyak waktu yang dapat menganggu dalam pemenuhan kebutuhan istirahat seperti tidur.  

Komentar

Postingan Populer